Ciri ciri lovebird fighter mental petarung

Ciri lovebird fighter mental petarung, tipe burung lovebird petarung dan non petarung baik itu paud maupun dewasa



Ciri ciri lovebird fighter
gambar A

Hay sobat lovers, gimana kabarny? yang pasti sehat kan? Saya harap begitu. Langsung saja ya , saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang burung lovebird fighter mental petarung dan non petarung. ini sebuah pengalaman pribadi saya dimana pengalaman saya dapat dari kegagalan yang pernah saya alami selama saya pindah hoby ke burung lovebird. awalnya saya hoby burung kenari, dan akhirnya saya pindah ke burung lovebird alias burung cinta si paruh bengkok.

sedikit cerita :

Selama satu tahun saya mendalami karakter ciri ciri lovebird untuk kontes/lomba itu sebarnya kayak apa sih. hampir enam burung belum kunjung pas yang saya harapkan! seringkali dapat burung mlempem baik itu dewasa maupun paud. salah satu contoh ciri ciri burung yang pernah saya miliki.  Ijo sayur : pertama kali seperti gambar C (di bawah). Dari sekian burung yang Saya miliki tidak jauh berbeda hampir rata- rata seperti itu sifat dan karakternya. Tipe burung seperti itu di rumah ngekeknya garang minta ampun,setelah naik di gantangan/lomba sama sekali tidak mau bunyi. Boro boro ngekek, teman-teman yang ngekek menertawakan.

Dari ke enam burung yang Saya miliki belum bisa di andalkan. putus asa terlintas dalam benak saya saat itu, sahabat kicau pasti juga mengalami putus asa kan. mondar mandir kesana kemari hadir di kontes Latber atau latpres tak membuahkan hasil. jangankan pulang bawa hasil, burung mau bekerja saja saya sudah bangga saat itu.

Saat saat putus asa beralas fakum, dari situlah saya menemukan sesuatu yang baru experimen untuk bangkit dari burung lovebird. salah satu grub sosial media yang saya ikuti ada sebuah post penjualan burung lovebird yang begitu banyak (borongan). beberapa foto itu ada yang membuat saya tertarik, malam itu juga saya langsung menuju lokasi si penjual burung. kebetulan malam itu sang pemilik sedang memandikan sekian burung burung bakalan yang akan siap di jual.

Salah satu burung  di sangkar yang membuat saya tertarik dari fisik ekor nya sejajar ke bawah dengan kakinya. Saya hanya berfikir logika "dia kalu bunyi pasti ekornya di mainkan melambai-lambai". Hanya keyakinan saat memilih bakalan waktu itu, bakhan saya juga sempat menanyakan apakah dari sekian bakalan lovebird ini ada yang trah ngekek panjang, Dia bilang tidak ada sama sekali.

Keesokan harinya, lovebird ke tujuh saya tempel dengan yang lebih dewasa dirumah, hasilnya menakjubkan sekali. seperti petinju yang menantang lawanya di area rink kontes. meski suara ngekeknya belum jelas (pelo), namun mentalnya membuat saya terkagum untuk merawatnya lebih istimewa di kemudian. kebranian lovebird paud umur tiga bulan belum genap, melawan lovebird dewasa bagiku luar biasa,

Dari situlah saya memberikan asumsi pengalaman saya yang pertama kali ke simbah Google. 

ciri lovebird fighter, ciri lovebird petarung.


ciri lovebird fighter ang pertama

Sahabat kicau terutama lovers mania, bagi yang awam atau belum paham. lihat perbedaan yang tertera pada lingkaran dan garis di bebarapa ekor lovebird di bawah ini.


ciri lovebird petarung
gambar B

Gambar  A.  seperti pada gambar A, coba sobat perhatikan dengan detail.  Perhatikan ekorny. ini menjadi ciri khas fighter yang di miliki lovebird untuk kontes kicau ngekek. Karna ketika ngekek dominan ekor tetap stabil bermain layaknya melambai lambai dengan muka menatap langit. ekor yang melengkung ke depan pertanda bahwa fisik petarung yang di miliki burung jauh lebih akurat di bandingkan dengan ekor yang biasa.

Gambar B .  perhatikan ekorny menyerupai segitiga. Sayap membentuk huruf  X dan naik menyilang ujung sayap membentuk segitiga, ekor tetap melengkung ke depan menandakan perbedaan yang sangat jauh dengan lovebird fighter dan non fighter petarung gambar C.

Gambar C.  Perhatikan ekornya, 60 derajat jauh berbeda dengan gambar yang pertama A dan kedua B. ini yang di namakan lovebird rumahan alias non fighter, tidak layak di gantangan kontes untuk kicauan ngekek. ciri ciri burung seperti ini sama sekali bermental tahu tak bernyali jika di buat kontes. dirumah sepertinya ngekek panjang, namun saat di gantang sama sekali tak bernyali untuk untuk lomba. 

ciri ciri lovebird non fighter
gambar C

Disitulah letak perbedaan antara lovebird fighter mental petarung & non fighter.
Jika sahabat lovers ingin mancari bahan untuk lomba pilih ciri ciri lovebird fighter mental petarung  fisik menonjol pada ekornya dan sayap yang sudah tertera pada gambar di atas,setidaknya fighter bawaan lahir sudah kelihatan dari usia paud. itu penjelasan yang pertama.

ciri lovebird fighter yang kedua

Ciri ciri juga terletak pada leher, dalam keadaan genting(kaget) nampak kelihatan panjang lehernya, namun dalam keadaan tenang lehernya seperti biasa. Mempertandakan ia mampu menyimpan nafas yang panjang dan ketika ngekek dengan gaya ngotot, baik fighter dalam keadaan masih paud atau fighter dalam keadaan dewasa.

ciri lovebird fighter yang ketiga

Ciri ciri terletak pada suara.
Dari yang pertama pada ekor dan yang kedua pada leher, yang ketiga ini pasti sudah menjadi ciri khas bagiannya. burung lovebird fighter selalu cerewet, sesekali jarang ngekek namun sering ngriwik. tapi ketika di trek dengan lawan dia akan selalu garang ngekeknya bahkan dia seolah tidak terima kalu musuhnya ngekek, persaingan ngekek semakin ngotot bila lawan kicaunya juga ngekek.

Nah.. itu tadi pengalaman dari mania kicau sobat
Dan yang pasti perawatan makan, minum, mandi, penjemuran, dan kebersihan sangkar juga berpengaruh trehadap kemajuan pada burung, jika itu semua selalu di perhatikan setidaknya mendapat poin terhindar dari penyakit dan sakit.

Jika burung sudah masuk kategori fighter, hanya membutuhkan sedikit settingan agar burung ngekek maksimal ketika kontes berlangsung, seperti burung lovebird yang saya punya.

Sedikit tips dari mania kicau mengenai Ciri ciri lovebird fighter mental petarung semoga bermanfaat untuk sahabat lovers mania. Semoga bermanfaat dan penuh Berkah.

Amin..
Salam kicau lovebird ngekekekekekekekek....

Wassallamuallaikum. Wr.. Wb..

Share this

Related Posts

First